Resep Dumpling Homemade Irit

02.02

  Hallooo semua, wah kali ini saya akan memberikan artikel berbeda dari biasanya saya post. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan resep salah satu makanan dari Negera Korea dan China, dumpling. Tepat dari mana asal makanan tersebut saya juga kurang tahu. Jadi, sedikit yang saya tahu, di Korea, dumpling yg dikukus, dimakan ketika tahun baru *maaf jika saya salah mendeskripsikannya, mohon dibantu memperbaikinya di komentar.

   Nah, karena saya terinspirasi dari drama Korea Selatan, Let's Eat! dan terinspirasi dari teman saya, Karlina, yang sudah lebih dahulu membuatnya. Akhirnya, saya ingin membuatnya sendiri di rumah.
   Biasanya, isi dumpling berupa daging ayam, daging sapi, ataupun udang. Karena saya ingin sebisa mungkin irit (maklum, saya masih belum bisa menghasilkan uang sendiri), saya menggunakan daging ayam cincang dan tahu sebagai isiannya.

   Baiklah, di bawah ini merupakan resep ala saya sendiri yang dibantu oleh resep-resep para koki bloger di internet sebagai dasar pembuatan dumpling ini. Check it out!
   Oiya, saya hampir lupa, saya tidak akan memberikan detail takaran penggunaannya karena ini tergantung selera Anda.

Bahan membuat kulit:
- Terigu;
- Garam atau boleh pakai penyedap rasa;
- Air secukupnya;
- Minyak goreng, sedikit saja.

Bahan untuk isi:
- Tahu, ancurkan dengan garpu;
- Ayam Cincang (Kalau bisa, ayam cincangnya jangan terlalu halus karena rasanya kurang ayam banget gituh *ini apa sih :p);
- Bawang Putih dan Bawang Merah (haluskan);
- Garam;
- Gula;
- Penyedap rasa Ayam (saya sih lebih suka rasa sapi, lebih gurih);
- Daun Bawang, cincang;
- Telur 1 butir;
- Terigu (sedikit saja, digunakan jika isinya terlalu berair).

   Oke sip, jika bahan-bahan sudah tersedia tampa kurang satu pun, mari kita mulai memasaaaaak!

Langkah 1
Jangan lupa cuci tangan sebelum membuat kulitnya karena ini benar-benar menggunakan media tangan tampa menggunakan peralatan lainnya, kecuali baskom. Masukan semua bahan kulit dalam satu wadah, ulenin hingga kalis, tambahkan sedikit minyak agar tidak lengket.

Adonan kulit


Langkah 2
Giling adonan hingga pipih (bisa menggunakan alat giling adonan atau menggunakan botol untuk menggiling). Setelah pipih, cetak adonan menjadi bundar (saya menggunakan tutup gelas).

Pipihkan dan dicetak bulat

Langkah 3
Simpan kulit, jangan lupa taburkan sisa terigu agar tidak lengket. Setelah, itu buat isinya. Campurkan semua bahan isi. Aduk rata dan sisihkan.


Isian dumpling

Langkah 4
Letakan isi di tengah adonan kulit. Setelah itu lipat dan bentuk pinggiran adonan yang sudah berbentuk setengah lingkaran dengan cara ditekan dengan jari, bentuk seperti rok rempel. Agar merekat, gunakan air sebagai perekatnya. Lakukan hingga adonan kulit dan isi habis.

Bentuk jadi seperti ini


*boleh saja langsung dikukus, direbus, maupun digoreng (sebentar) langsung direbus, ataupun di simpan di freezer terlebih dahulu.

   Nah, waktu itu, saya langsung saja memasaknya karena tidak sabar untuk mencobanya. Saya menggunakan dua cara memasaknya agar saya dapat membandingkan enakan yang mana dari antara dua cara tersebut.
   Cara pertama, goreng (sebentar) langsung direbus. Awalnya sih agak aneh sama cara ini, sampai-sampai nyokap nanya gini, "Bikin apaan sih? Aneh kaya gitu?." Hahaha

Digoreng sebentar lalu langsung direbus

   Jadi, siapkan teflon (penggoreng anti lengket ya Gaes, bukan telepon. Haha). Lalu, masukan minyak goreng (sedikit saja), susun dumpling, goreng hingga agak sedikit kecoklatan. Setelah itu siram dengan air hingga setengah mengenai badan dumpling (direbus), tutup, tunggu hingga airnya mengering (benar-benar kering, hingga seperti menggoreng tanpa minyak). Lalu, angkat dan sajikan.

   Cara kedua, dikukus saja. Siapkan alat pengukus, isi air, masukan saringan kukusan, susun dumpling, tutup, dan masak hingga matang. Angkat, dan sajikan.
Dikukus

   Nah, dari kedua cara di atas, saya lebih suka hasil pertama, rasanya ada kriuk-kriuknya gituh pas dikunyah. Kalau dikukus, rasanya jadi sedikit asin. Tapi, Anda juga bisa menggorengnya setelah dikukus.
   Untuk sausnya, Anda bisa menggunakan saus sambal atau tomat, thousand island sauce, kecap yang sudah dimasukan potongan bawang dan cabai, saus kacang, ataupun kuah mpek-mpek.
   Kalau menurut saya, saus yang cocok sebagai pendamping makan ini adalah kuah mpek-mpek dan saus kacang karena rasanya hampir seperti somay dan mpek-mpek tanpa ikan.
   Nah, mau dicocol dengan saus apa saja sama enaknya kok, itu tergantung selera Anda. Selamat mencoba di rumah ya. (ASN).
*untuk foto, menyusul, karena saya belum sempat aktif di komputer. Terima kasih.


Doc by penulis
Nb: maaf saya belum sempat mengedit sesuai EYD.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like me on Facebook

Nisud: