MY JOURNEY: Ada Cinta di The Ranch Cisarua & Kebun Raya Cibodas Puncak

21.19

Hi semua, aku balik lagi dengan sesi "My Journey". Ada yang beda dengan perjalananku kali ini. Kan biasanya aku pergi ke suatu tempat kalau tidak sendirian, pasti dengan orang tua, saudara, atau teman. Namun, sekarang, perjalananku ditemani oleh salah satu orang spesial di hidupku. Uhuy! haha.

Pria ini akan mendominasi setiap perjalananku tahun ini.

Oke, kita lanjut aja langsung ke intinya. Aku dan dia memutuskan untuk mencoba pergi ke tempat yang jarang kami sambangi sebelumnya karena sudah merasa bosan dengan mall yang begitu-begitu saja. Jadi, The Ranch Cisarua dan Cibodas Puncak menjadi  destinasi perjalanan kami.

Ini adalah perjalan terjauh kami (pada saat itu). Sebelumnya, kami berdua emang belum pernah ke The Ranch dan dia belum pernah pergi ke Cibodas.

Perjalanan kami disponsori oleh nasi uduk buatan ibuku dan roti isi selai cokelat buatanku sebagai bekal makan kami.

Kami pergi pukul 7 pagi dari rumahku di Depok. Perjalanan kami sangat menyenangkan karena sepanjang perjalanan kami tidak menerima banyak kendala seperti macet. Lokasinyanya pun tidak begitu jauh dari pintu keluar tol, tepatnya ada di sebelah kanan jalan.

Karena kami datang kepagian, jadinya tempat ini masih tidak begitu ramai oleh pengunjung. Jadi, banyak spot-spot foto yang bisa kami ambil.

Aku saranin datang pas jam baru buka soalnya jika sudah agak siangan dikit, pengunjung semakin banyak.

Jembatan Dongeng The Ranch. Abaikan tempat sampahnya. Haha

Jam operasional The Ranch mulai dari pukul 09:00 sampai 21:00.  Oiya, jangan lupa untuk cek jadwal buka-tutup jalan di Puncak ya agar kamu tidak harus terjebak penutupan jalan raya.

Tiket The Ranch Cisarua tidak begitu mahal, hanya 20 ribu rupiah untuk satu orang dan harga tiket parkir mobil 10 ribu rupiah. Untuk parkir motor, aku kurang tahu.

Dengan harga tiket masuk segitu, kamu bisa menikmati hijaunya pemandangan alam dan wahana yang asik dan edukatif. Banyak spot-spot foto yang instagramable, pastinya cocok buat kamu yang ingin mempercantik feed ig-mu. Cocok nih buat kamu yang lagi panjat sosial.

Tapi sayang, luas tempatnya tidak sesuai ekspetasiku. Aku kira tempatnya lumayan besar, tapi ternyata tidak.

Tiket yang kamu miliki sudah termasuk complimentary susu segar ya. Jadi bisa ditukar dengan varian rasa strawberry, cokelat, dan susu murni.

Bagi kamu yang membawa anak-anak, di lokasi The Ranch Cisarua juga tersedia area satwa kelinci, sapi, domba Shaun The Sheep, arena berkuda, dan panahan, pastinya anak-anak akan betah bermain di sana.

Domba di The Ranch.


Kalau perut laper gimana? tenang! di sana ada restoran dengan 2 lantai. Kamu bisa menikmati beragam kuliner sambil menikmati pemandangan The Ranch.  

Restoran dengan dua lantai.
Di bawah ini aku akan tunjukan hasil jepretanku dan dia di The Ranch.

Tsahh! #gaje
Kibas terus.
Airnya dingin tau.

Kudanya masih kecil.

Seperti lagi berkunjung ke luar ya? Luar Kota. :p
Salah satu bangunan rumah di The Ranch.


Lanjut!
Setelah dari The Ranch dan masih pagi, akhirnya kami memutuskan utuk melanjutkan perjalanan kami ke Cibodas. Dari The Ranch sekitar sejaman menuju puncak. 

Tiket Cibodas sendiri sebesar 16.500 rupiah per orang dengan tiket kendaraan roda empat sebesar 16.000 rupiah dan roda dua sebesar 5.000. Di area seluas 80 hektar ini kamu bisa menikmati koleksi pepohonan dan tumbuhan dengan berbagai jenis dan varian. Tercatat terdapat 5.831 tanaman dari 1.206 jenis tanaman yang berada di kebun ini.

Puncak Cibodas.

Kamu bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Kami memutuskan untuk memarkirkan kendaraan kami di puncak Cibodas dan melanjutkannya dengan berjalan kaki. Kami berencana ke air terjun dan pohon sakura.

Untuk ke air terjun, kami harus menuruni anak tangga yang lumayan panjang dan sedikit curam. Kami juga harus melewati kerikil dan batu besar dengan tanah merah yang sudah basah karena kena hujan. Hingga akhirnya kami sampai di air terjun.

Aku lupa nama air terjunnya.
Setelah menikmatinya sebentar, kami memutuskan kembali dan menuju tempat di mana pohon sakura berada. 

Judes kali.

Saat perjalan kembali, kami tidak menggunakan tangga  karena mengingat lelahnya jika harus menaikinya. Jadi, kami mengikuti jalan setapak kecil yang sudah tersedia. Jangan kira kami menemukan pohon sakura karena kami nyasar dan semakin jauh dari tempat parkir. 

Jalan setapak kecil itu membawa kami ke pos satpam yang ada di sisi lain pintu masuk. Sepanjang jalan, kami menemukan penduduk lokal di sana, kebanyakan adalah lanjut usia (lansia). Mereka terlihat sedang mengambil rerumputan, mungkin untuk makan ternaknya.

Lalu, tiba-tiba hujan deras jatuh menimpa tubuh kami yang setengah basah karena kena cipratan air terjun sebelumnya. Kami langsung berlari menuju pos pintu masuk. Kami numpang berteduh di sana. 

Sebelumnya,  ada ibu-ibu yang menawarkan payung karena dia sudah tahu akan turun hujan, tapi kami menolaknya karena kami pikir tujuan kami sudah semakin dekat, tapi ternyata....

Setelah hujan semakin besar, tak ada satupun orang berjualan payung atau jas hujan pelastik lewat. Agak sedikit menunggu lama, akhirnya ada yang lewat menjajahkan dagangannya. Payung sudah raib terjual, tinggal jas hujannya saja. Akhirnya kami mumutuskan untuk membelinya dan menerjang hujan. 

Dari pos itu ke tempat kami memarkiran kendaraan sangat jauh, sekitar 1 jam kurang dengan berjalan kaki, lumayan membuat kaki pegal. Namun, entah kenapa moment itu membuat kami senang dan tak bisa melupakannya. Karena kejadian itu, kami bisa semakin saling mengenal satu sama lain.

Uhuy. Wkwk.

Di bawah ini aku kasih tahu alamat lengkap The Ranch Cisarua dan Cibodas Puncak.

THE RANCH CISARUA
Jalan Raya Puncak - Cianjur No.428, Leuwimalang, Cisarua, Kopo, Bogor, Jawa Barat 16750.

CIBODAS PUNCAK

Kebun Raya Cibodas, terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur.
Jam operasional Senin–Minggu mulai pukul 08.00 s/s 17.00 WIB.



(ASN)
dok pribadi










You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like me on Facebook

Nisud: