Cara Membuat Mie Telur Sendiri di Rumah

07.39

Hollaaaaaaaa I'm back! Maaf-maaf ya artikel ini dan artikel sebelumnya masih belum ada fotonya karena saya masih online di handphone, belum sempat di laptop. Hehe

    Kali ini saya akan memberikan resep membuat mie telur sendiri. Makanan ini cocok buat kalian yang gemar sekali makan mie. Terkadang, mie di luar sana banyak menggunakan bahan pengawet dan sejenisnya dan alangkah baiknya jika Anda membuatnya sendiri karena lebih aman. Benarkan?

    Sedikit cerita, keluarga saya suka sekali makan mie, apa lagi adik-adik saya, Kiki (13th) dan Akila(1th 8bln), mereka gemar sekali makan mie. Karena saya takut kalau mereka harus terus-terusan makan mie kemasan yang kita tidak pernah tahu ada pengawetnya atau tidak, saya akhirnya membuatkannya untuk mereka berdua. Lebih aman!

    Yuuks kita mulai dari bahan-bahannya.
Bahan Mie:
- Terigu (saya menggunakan terigu 1/4);
- Telur 2 butir;
- Garam secukupnya.

Bahan Merebus:
- Air;
- Minyak goreng secukupnya.
 
    *Jangan lupa siapkan terigu (di luar bahan untuk membuat mie) untuk ditaburkan ke adonan yang sudah berbentuk mie agar tidak lengket dan menyatu kembali menjadi adonan. #agak susah jelasinnya bagaimana. Hehe yaa gituh deh :P

     Oke sip, bahan-bahannya sudah ada, ayo kita mulai membuatnya!

     Langkah pertama
Campur semua bahan-bahan menjadi satu. Uleni bahan menggunakan tangan hingga kalis.

Campur adonan

Ulenin

    Langkah kedua
Giling adonan menjadi pipih menggunakan alat penggiling ataupun botol kaca untuk menggiling. Saya menggunakan alat penggiling untuk molen. Di sini, jangan lupa ditaburkan terigu agar tidak lengket.

    Langkah ketiga
Adonan yang sudah pipih dimasukan ke penggilingan mie. Jika tidak punya, gunakan pisau untuk memotong adonan yang sudah pipih. Potong memanjang seperti mie. Di sini juga taburkan terigu, agak banyak, agar tidak menyatu satu sama lain.
Mie ukuran kecil

Mie ukuran besar

    Langkah keempat. Perebusan Mie.
Siapkan air dalam panci, tambahkan minyak goreng secukupnya. Tunggu air hingga mendidih, masukan mie. Tutup. Tunggu hingga mie mengambang dan matang. Tiriskan.

Direbus

   Nah, mie telur sudah jadi deh. Tinggal Anda kreasikan menjadi masakan yang Anda ingini ^^

    Kalau saya, saya jadikan mie ayam (ayamnya diganti menjadi telur urak arik kecap) dan mie goreng telur campur daging sapi.

Mie telur urak arik

Dapat lihat resepnya di sini (artikel saya lainnya) Resep Mie Telur Urak Arik Kecap

Mie goreng campur daging

    Setelah dua masakan saya jadi, adik-adik saya makan dengan lahapnya. Senangnya~

    Oiya, untuk resep mie ayam, tapi pakai telur dan mie goreng telur campur daging sapi, saya tulis terpisah ya soalnya capek juga mengetik menggunakan handphone. Hehehe

    Untuk kamu, kamu, dan kamu yang ingin membuat mie telur, selamat mencobanya dan semoga sukses! (ASN)

Doc by penulis

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like me on Facebook

Nisud: